Launching Buku “Pembelajaran Dari Rumah Pada Era Covid di Yogyakarta”

Launching Buku “Pembelajaran Dari Rumah Pada Era Covid di Yogyakarta”

Selasa, 8 September 2020 saya mengikuti kegiatan MKKS Kota Yogyakarta dalam kegiatan launching buku antologi tulisan pengalaman baik dari beberapa kepala SMP di Kota Yogyakarta. Ada 26 judul yang ditulis oleh 26 kepala sekolah, dan salah satunya adalah tulisan saya. Isi dari buku antologi ini adalah praktik-praktik baik yang dilakukan oleh sekolah selama pandemik Covid 19.

Kegiatan launching buku dilaksanakan di Balai Kota dan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Meskipun terpisah tapi kami terhubung. Tujuannya adalah semua kepala SMP se-kota Yogyakarta tetap bisa mengikuti kegiatan meskipun dengan tempat yang berbeda dan berjauhan, juga untuk bisa meleksanakan protokol kesehatan. Teknologi menjadi jembatan yang baik dan efisien pada masa pandemi ini.

Pukul 10.15 acara dibuka oleh pembawa acara dan dihadiri oleh Wali Kota, Kepala LPMP, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kepala Pemuda dan Olah Raga, dan seluruh kepala SMP se-Kota Yogyakarta, juga masih ada tamu-tamu lainnya. Acara yang awal adalah laporan dari Bapak Kepala Dinas, Bapak Budi Santoso Asrori yang memaparkan tantangan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan PJJ, juga pengalaman yang baik dari sekolah-sekolah.

Sambutan dari LPMP yang pada intinya menyampaikan kegembiraannya atas peluncuran buku ini juga ijin untuk menggunakan buku untuk menjadi contoh dan berbagi praktik baik bagi sekolah sekolah lainnya.

Acara berikutnya adalah penyerahan buku kepada Bapak Wali Kota Yogyakarta, yang dilanjutkan dengan sambutan. Pokok-pokok isi dari sambutan beliau adalah memberi apresiasi atas terbitnya buku dan harapan bisa menjadi referensi bagi sekolah lainnya. Beliau juga menyampaikan suka duka pembelajaran daring dan segala hal-hal positifnya. Hal-hal baik dalam pembelajaran perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan termasuk dalam pengembangan karakter. Jangan hanya fokus pada materi saja. Buku kemudian dibagikan kepada semua pejabat dan tamu undangan: LPMP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dewan Pendidikan, dll.

Acara ditutup dengan berbagi informasi terkait media pembelajaran dari beberapa sekolah. Semua sangat menarik dan kita bisa saling berbagi satu sama lain. Karya-karya peserta diidk juga disampaikan untuk menunjukkan hasil BDR. Tidak kalah dengan para peserta didik, karya-karya guru juga ditunjukkan kepada semua audiens. Semoga semua memberi inspirasi yang baik kepada semua sekolah demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Jadilah inspirator bagi pendidik lainnya dengan cara menuliskan pengalaman kita.

Saya adalah seorang pendidik di SMP Kristen Kalam Kudus Jogjakarta. Saya sedang belajar menulis dan rindu memberkati banyak orang lewat tulisan saya. Saya beberapa kali menulis artikel di buku saat teduh kristiani. Tahun 2020 ini saya mendapatkan juara 3 kepala SMP berprestasi tingkat Kota Yogyakarta

2 thoughts on “Launching Buku “Pembelajaran Dari Rumah Pada Era Covid di Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *