Dedikasi Guru Pada Masa PJJ di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

Dedikasi Guru Pada Masa PJJ di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

Microsoft Teams adalah platform utama yang digunakan di SMP Kristen Kalam Kudus. Dalam waktu yang sangat pendek, guru harus belajar sekaligus menerapkan teknologi yang masih terus dipelajari sambil mempraktikkan. Puji syukur kepada Tuhan, akhirnya dengan berjalannya waktu, kami mulai bisa menggunakannya dengan baik.

Dalam pelaksanaan PJJ ini, guru-guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan sangat baik. Video pembelajaran, PPT, ringkasan materi, latihan soal dan juga penugasan. Meskipun kehadiran guru tidak bisa digantikan dengan hal lainnya bahkan dengan teknologi, namun guru-guru selalu berusaha mempersiapkan dengan baik. Tatap muka secara virtualpun selalu dilakukan oleh guru setiap hari bahkan di setiap mata pelajaran.

Keterhubungan guru dan peserta didik harus terus dibangun, bahkan menjadi lebih aktif dibanding saat guru-guru bisa bertatap muka secara offline di kelas. Pagi, siang, sore bahkan malam, guru-guru terus terhubung dengan peserta didik. Tidak henti-hentinya guru membantu agar peserta didik bisa belajar dan memahami apa yang diajarkan oleh guru.

Tugas gurupun semakin berat dengan tugas-tugas peserta didik yang semuanya berbentuk online. Dulu tumpukan kertas, sekarang menjadi tumpukan file yang harus didownload. Microsoft 365, didalamnya ada fitur Teams, sungguh memberkati kami karena menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Di dalam Teams ada assignment yang bisa digunakan untuk berbagai tes online. Meskipun sangat melelahkan dan menambah kesibukan guru, kerinduan guru-guru untuk memberikan layanan yang terbaik menjadi penyemangat bagi mereka melakukan berbagai inovasi, kreatifitas dan pengembangan diri dengan membuat berbagai media pembelajaran online seperti live worksheet, channel YouTube, video pembelajaran, dll.

Kegiatan Pemanasan Sebelum Olah Raga

Penugasan dan penilaian juga dilaksanakan secara online, baik secara tulis maupun lisan, misalnya : https://www.liveworksheets.com/1-sh1208464nn untuk penilaian listening dalam bahasa Inggris dan https://student.geschool.net/tryout/2336393/ untuk penilaian reading dan menggunakan Microsoft Forms untuk penilaian writing.

Belajar Secara Online

Hal yang paling seru saat tes dilaksanakan adalah menghubungi HP orang tua dan peserta didik karena sampai saat tes berlangsung peserta didik belum masuk ke link yang diberikan guru. Kemudian guru juga harus mengejar-ngejar peserta didik untuk segera mengirim tugas mereka. Juga saat waktu hampir habis dan peserta didik belum menyelesaikan tugas, semua guru akan menghubungi anak-anak tersebut. Dan semua dilakukan guru oleh karena mengasihi anak-anak didiknya dan dengan penuh sukacita untuk membantu peserta didik.

Dengan kondisi yang dihadapi guru baik dengan orang tua dan peserta didik, guru juga perlu untuk dibekali dalam banyak hal : kemampuan mengajar, kemampuan mengelola kelas, kemampuan menilai, kemampuan merancang pembelajaran dan aktivitas kelas, merancang media pembelajaran, bahkan dengan kemampuan psikologi untuk memahami peserta didik.

“Anak-anakku … aku tahu ada beban dalam hidupmu karena harus PJJ. Tangan kami tidak bisa menjangkaumu. Kami hanya bisa menatapmu lewat layar maya tetapi percayalah bahwa kami mengasihimu dan menjangkaumu lewat doa-doa kami. Tetaplah berjuang dan semangat belajar. Tuhan memberkatimu.”

“Bagi Bapak Ibu guru dan orang tua, janganlah merasa lelah … Teruslah berusaha untuk mendampingi mereka di saat-saat sulit mereka. Saya tahu kita sama -sama berjuang dan kita dilatih untuk sabar menghadapi anak-anak kita. Tuhan pasti memampukan kita. Teruslah berjuang demi anak-anak yang Tuhan percayakan kepada kita untuk kita didik dan kita bina. Tuhan memberkati usaha kita.”

Saya adalah seorang pendidik di SMP Kristen Kalam Kudus Jogjakarta. Saya sedang belajar menulis dan rindu memberkati banyak orang lewat tulisan saya. Saya beberapa kali menulis artikel di buku saat teduh kristiani. Tahun 2020 ini saya mendapatkan juara 3 kepala SMP berprestasi tingkat Kota Yogyakarta

20 thoughts on “Dedikasi Guru Pada Masa PJJ di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

  1. Kereen bu Astuti, selamat menulis. Dangan ibu menulis apa yang telah ibu lakukan berarti ibu sedang membuat sejarah. Buat buku bu pasti sangat menginspirasi. Sukses selalu

  2. Mntpp ibu mnginspirasi kami di SMPN 1 Banjarangkan Klungkung Bali sedang mngembangkan e-learning Melajah.id…saluutt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *